Thursday, May 14, 2009

paspor biru yang menyebalkan

mula mula mendapatkan paspor biru, aku begitu bangga, waah, aku utusan pemerintah indonesia. bakal dijemput dengan karpet merah nanti di bandara jepang. lagi pula, aku juga punya sedikit rasa lega bahwa nantinya, urusan bakal jadi mudah. ternyata, apa yang terjadi? yuk kita simak bersama.
kamu bangga pake paspor warna biru?
apanya yang bisa dibanggakan? disini, tidak ada bedanya, antara paspor hijau dan biru, yang ada hanyalah masa kadaluwarsa yang pendek pada paspor biru, 2 tahun. sedangkan pada paspor hijau, luama: 5 tahun. pemerintah jepang dan bagian administrasi keimigrasian serta bagian administrasi lainnya, tidak tahu menahu dan tidak ambil pusing tentang warna, biru apa hijau. nggak ada bedanya.. lalu apa yang bisa dibanggakan coba?
soal administrasi
lebih mudahkah dalam urusan administrasi? jawabannya tidak sama sekali, yang ada hanyalah REPOT! belum lagi masa berlakunya hanya 2 tahun, tetapi kamu nggak bakal bisa kemana mana kalau tidak minta ijin dulu sama konjen RI. untuk mendapat ijin, bakal banyak sekali dokumen yang harus dipersiapkan. hal ini lain sekali jika kamu pake paspor hijau, wuss wuss.. kemana aja nggak ada yang membebani.
coba kamu pikirkan baik baik, apakah sama dengan pemikiran saya ini?