Friday, February 6, 2009

kecepatan internet di jepang


kecepatan ini, dengan kecepatan internet di Indonesia, bisa dibilang, ibarat emas dan besi tua, atau kasarnya lagi, ibarat motor sport dan motor si pitung. kadang kalau ikut berpikir tentang kemajuan teknologi internet di indonesia, jadi sedih dan malah jadi marah sendiri. khusus untuk perihal kecepatan internet, siapa yang salah coba?

untuk melihat kecepatan internet di indonesia saat ini, bisa dilihat disini. coba, setelah melihat hasil itu, apa komentar anda?

sekarang yang jadi pertanyaan, berapa biaya langganan intenet perbulan di jepang? berikut ini pemaparan item untuk berlangganan internet selama satu bulan di jepang.
1. biaya koneksi = ¥3,900
2. biaya sewa saluran telepon = ¥1,900
3. biaya perangkat (modem dll) = free
jadi total untuk berlangganan internet selama sebulan, sebesar sekitar ¥ 6,000 (Rp. 750.000).
biaya ini persis sama dengan biaya speedy yang paket unlimited itu.

di jepang, juga tersedia jaringan 3G akan tetapi jika menggunakan provider 3G / telepon seluler (bukan kabel) seperti softbank, biaya internet jadi super mahal (ga percaya? lihat aja disini), bayangkan saja, untuk mengakses 11 MB, anda harus mengeluarkan dana sebesar langganan internet itu tadi. nggak masuk akal kan? charge terhadap kelebihan kuota sebesar ¥ 0.2 per kb (sekitar Rp. 20/kb). benar benar tidak masuk akal. belum lagi ditambah untuk beli usb modemnya.

sekarang mulai marak yang namanya e-mobile. paket internet ini disediakan secara khusus oleh provider e-mobile, yang konsentrasi bisnisnya hanya untuk komunikasi data, bukan voice (tapi sekarang sudah merambah ke voice juga). e-mobile menggunakan jaringan 3G untuk memberikan akses internet pada pelanggannya. yang menarik untuk dicermati, adalah harga untuk berlangganan internet. biayanya sekitar enam ribu yen, akan tetapi yang unik adalah, harga modem saat pertama kali kontrak. harga termurah, sekitar 200 ribu rupiah (modem seperti modem HSDPA huawei yang putih itu). harga modem termahal sampai dengan dua juta rupiah (HSDPA dan HSUPA). HSUPA, menjanjikan fasilitas voice dan data secara bersamaan (kontrak selama 2 th). macam macam modem dapat dilihat disini

terakhir, kembali ke internet di indonesia, dipikir pikir, perkembangannya, cukup menggembirakan dengan makin bertambahnya pelanggan dan service yang diberikan. tapi rupanya yang muncul belakangan ini adalah penyakit lama management publik di tempat kita, makin banyak pelanggan, service makin mengecewakan. mestinya para provider juga bisa menjaga kualitas koneksi, bukan hanya mementingkan keuntungan semata.