Monday, February 16, 2009

hari ini, ujian akhir mahasiswa S2

ujian bagi para mahasiswa S2 dilangsungkan hanya sehari saja dan dimulai dari jam 09.00 hingga 17.00. tanggal ini mungkin dipilih karena hari baik untuk ujian mengingat para mahasiswa S1 sudah selesai menempuh ujian semester. sebagaimana telah dikemukakan pada tulisan terdahulu, ujian anak S1 dilakukan pada tatap muka terakhir, tatap muka ke 16. seminggu setelah itu, barulah ujian S2 ini dilaksanakan.

mahasiswa berpakaian jas hitam hitam, pakaian ini layaknya seragam saat test mencari kerja. mungkin aneh bagi kita, karena kita hanya mengenakan pakean jas almamater atau seragam putih bawahan hitam. disini tidak ada jas almamater. adanya ya jas biasa itu.

ujian berlangsung selama 20 menit saja! wow sangat singkat. 15 menit untuk presentasi dan 5 menit untuk pertanyaan. begitu mudahnya.. akan tetapi jika 5 menit itu tidak dapat dipake untuk menjawab pertanyaan, habislah dia. waktu diatur begitu ketatnya sehingga kalaupun mundur, tidak lebih dari satu menit.

ujian ini sifatnya terbuka, semua orang boleh ikut serta dan boleh tanya tentunya jika ada waktu untuk itu. tidak heran, ketika satu orang yang presentasi, maka rekan segrupnya ikut serta menikmatinya. ruangan kelas akhirnya jadi penuh.

sudah dulu ya. mau melihat ujiannya niih.