Saturday, December 13, 2008

jangan pergunakan bahasa indonesia di luar negeri

Jangan lah kamu seringkali menggunakan bahasa Indonesia dipergaulan
internasional, dimana ada banyak kawanmu disana. Misalnya kamu
berlima, dua orang dari Indonesia, sedang lainnya dari negara lain
atau dari native negara yang sedang kamu diami, disaat itu, janganlah
kamu sering bercakap dengan bahasa Indonesia.

Kenapa demikian? Karena nantinya kamu akan dibenci dan tidak
dihargai oleh teman kamu itu.

Apalagi di dalam grup mu, bukan hanya berasal dari negara native,
tapi juga berasal dari negara lain. Aku bias merasakan hal itu karena
aku secara langsung mengalaminya.

Aku berkumpul dengan orang Thailand. Mereka juga tidak peduli apakah
ada aku atau tidak, mereka tetap bercakap dengan bahasa mereka. Aku
jadi sebel. Aku dianggap teman atau tidak tho. Kok melulu pake bahasa
Thailand.

Coba bandingkan dengan aku bersama teman indonesiaku. Disaat aku
kumpul dengan orang internasional, maka, tidak pernah kupake bahasa
Indonesia dengan dia. Banyak juga diantara teman internasionalku yang
salut pada kami dan mereka juga ada yang bertanya, kenapa kamu kalau
bicara dengan orang Indonesia, pake bahasa inggris? Dan jelas
jawabku, kalau aku pake bahasa Indonesia, maka kamu gak bakalan tahu.
Lalu orang itu mengucap salut padaku sambil berkata, wah orang
Indonesia pandai menghargai teman ya.

Itulah adat pergaulan internasional. Jika kamu ingin dihargai teman,
hargailah dia dengan melibatkan dia dalam percakapanmu. Jangan lah
kamu egois dengan bicara pake bahasa Indonesia.