Sunday, January 4, 2009

pilih mac atau pc?

Bagi anda yang bingung mau pilih mac atau pc, berikut ini perbandingan antara keduanya:

Macintosh

1. tampilan lebih tajam dan artistik. tidak banyak tulisan sehingga fungsi/tombol/link dalam panel, mudah ditemukan, tapi karena tidak banyak ditemukan link, maka tidak bisa utak utik dengan mudah.
2. cara kerja, jelas beda dengan pc, dimana saat mulai pekerjaan, semua dimulai dengan tombol start (walau bisa juga dilakukan tanpa melalui tombol itu). begitu login ke Mac OS X (leopard atau tiger) anda akan langsung berurusan dengan yang namanya dock, yaitu ikon yang ada berderet deret di panel bagian bawah. hal ini lebih memudahkan kita untuk memulai pekerjaan.
3. "wysiwyg" banget. misalnya begitu anda mau merubah tampilan dekstop, di desktop tinggal klik kanan dan perubahan tampilan, langsung bisa dinikmati. nggak ada tombol oke atau finish atau apply.
4. fungsi tombol dan link, simple sekali. tidak banyak pilihan sehingga kadang membuat bingung si pengguna.
5. tidak banyak customized yang bisa dilakukan sehingga bisa terus konsentrasi dalam pekerjaan. tidak banyak fungsi untuk macem macem.
6. perihal koneksi internet, semuanya sudah diatur secara otomatis. sehingga kita jadi susah untuk mengatur secara manual. berurusan setting manual, berarti anda harus berurusan dengan yang namanya terminal, semacam program dos nya mac, atau cari script baru dari internet.
7. anda harus punya uang banyak terutama untuk membeli perangkat asesorisnya, karena harganya berlipat lipat dibanding asesoris pc.
8. harus punya ekstra ketrampilan dalam setting perangkat tambahan, karena dijamin belum tersedia banyak di pasaran. anda harus berurusan dengan internet dan google dan juga butuh waktu untuk bingung terlebih dahulu sebelum menset alat baru anda. 
9.  mau customize tampilan atau mau tambah fungsi dari sebuah program? anda berarti butuh program baru. misal program klik kanan, program customize maximize windows. pokoknya kalau mau sesuai dengan keinginan anda, berarti anda butuh software untuk itu.
10. harus punya limited internet connection, karena tanpa internet, bakal mati deh.. mac kamu, artinya mac kamu akan tidak terupdate dengan banyaknya bug yang ada di program kamu. updatenya banyak banget, contohnya untuk tiger, bisa sebelas kali update (10.4.11) dan leopard sampai saat ini sudah 6 kali update.
11. mac kamu rusak dan sudah diluar garansi? bakal pusing kamu dibuatnya. dvd drive mulai dari yang harganya lebih dari sejuta, hingga motherboard (logicboard) yang mencapai 5 juta.

PC dengan WINDOWS nya

1. banyak teman yang pakai sehingga bisa saling pinjam perangkat lunak
2. banyak fasilitas untuk macem macem, so, customized banget
3. semuanya terset otomatis juga, jadinya, kita juga mudah, tapi mudah juga kalau untuk bermanual ria.
4. asesoris banyak dan harganya bersaing juga. anda bisa mendapatkan asesoris yang murah berkualitas.
5. dengan kocek yang sama, masih lebih irit jika pake pc (jangan sangkutkan dengan hal hal berbau ilmu ekonomi). yang jelas, dengan dana 5 juta, anda bisa mendapat komputer kortuduo. sementara kalau mac? jauh deeh.
6. banyak sekali fungsi klik kanan, hampir disemua link, punya klik kanan sebagai alternatif customized.
7. semua software pasti support pc.
8. tampilan panel, terkesan rapi dan formal. begitu klik maximize.. langsung deh panel akan termaksimize dengan sempurna. 
9. sebenarnya wysisyg juga tampilanya, cuma kadang harus klik apply dulu.
10. tidak banyak update di windows nya. contoh, xp pro, hanya sampai service pack 2, dan windows 2000 hanyak sampai service pack 4.
11. ada peripheral rusak? cari aja second nya.. banyak, dan kalau mau yang baru, juga tersedia banyak. murah lagi. dan jika ternyata harganya mahal, mending beli komputer baru lagi aja.

Ini hanya menurut opiniku saja dan aku suka pc dengan windows karena familiar dengan komunitas dekat kita, dan aku juga suka mac karena simple dan tidak macem macem itu tadi.