Thursday, August 21, 2008

masalah yang muncul pada macbook dan powerbook, produk apple computer

Keluarnya macbook ditandai dengan berakhirnya era processor jenis Power PC atau PPC, processor khas produk apple ini sangat terkenal kehandalannya. Sayang era PPC harus berakhir.

Di era PPC, dibalik kehandalannya, permasalahan selalu terjadi. Mulai dari engsel rusak, keyboard gak detek, dan yang paling menghebohkan adalah permasalahan display pada powerbook 17 inch. Banyak sekali keluhan mengenai display ini tapi apple kelihatannya tutup mata tentang persoalan ini. Dan payahnya lagi, di apple forum, thread yang mengenai keluhan display, close.

problem terjadi tidak disemua mac
contoh display washout di iMac dan ini iMac tidak problem

Semenjak dulu, saya ingin sekali beli Macbook (MB), apalagi udah keluar versi core 2 duo dua koma sekian GHz. Tapi yang selalu membayang bayangi saya adalah banyak defect dari MB (dan juga Macbook Pro (MBP)). Setelah cari informasi dari sana sini, maka didapat kesimpulan bahwa terdapat beberapa kekurangan pada MB dan MBP diantaranya:

1. MB dan MBP defect pada pengaturan temperatur. Keduanya akan terasa kedahsyatan panasnya. Sepertinya tidak wajar. Panasnya bisa sampai 93ºC. bayangkan coba kalau anda memangku MB. Paha bisa langsung terbakar! Tentu suhu ini dicapai jika MB/MBP sedang menjalankan program berat. Tapi jaman sekarang apa sih program yang nggak berat? Semua program berat semua, iya kan? Suhu normal katanya sekitar 60 – 70 derajat. Wow.. segitu normal? Perasaan di PPC, suhu normal adalah 40-50 derajat. Kalau digunakan kerja berat, iMac PPC G5 saya, maksimal berada pada suhu 77ºC, tanpa ada software tambahan untuk atur fan (seperti smcfancontrol). Ok. Pertama, defect di suhu.

2. Suara bising fan. Kejadian ini memang sepertinya sebagai akibat dari panasnya Macbook. Makin panas, ya tentu, makin tinggi perputaran kipasnya. Defect tentang fan bukan hanya di noise, tapi juga di kualitasnya. Banyak fan yang rusak (mungkin sebagai akibat karena kerja fan terus dipacu). Coba search aja “fan problem macbook”, pasti akan didapat banyak sekali cerita mengenai itu. Kalau mau dengar suara fan si Macbook dibalik coolnya program, bisa lihat disini (coba perhatikan ketika di menit kedua, fan mulai bekerja dan berisik), kalau mau lihat ulasan tentang panas, juga bisa dilihat disini. Defect kedua, fan : noise dan kualitas fan

3. Masalah slot drive. Aneh memang. Macbook jaman sekarang ini, banyak sekali masalah, terutama dengan slot drive nya. Umumnya adalah masalah cd yang nggak bias keluar dari slot atau masalah suara aneh yang muncul kalau drive sedang bekerja. Ok, defect ketiga : kualitas slot drive

4. Random shutdown. Ini mungkin juga sebagai akibat dari panasnya macbook yang hebat. Akibatnya jadi merembet sampai ke arah random shutdown. Padahal kalau udah random shutdown begini, makin bahaya, karena logic board (motherboard) akan terancam keselamatannya. Kalau rusak, ganti logic board hampir sama kayak beli macbook second. Gila nggak tuh. Ok, defect keempat : random shutdown

5. Casing plastik yang makin lama makin jelek kualitasnya dan mudah pecah pada Macbook. Lain sekali dengan iBook yang sangat tahan banting. Defect kelima: kualitas casing

6. Baterai yang bermasalah. Generasi pertama macbook, punya penyakit bawaan di baterai ini. Tapi pada saat itu, apple juga memberi kesempatan tukar baterai baru pada macbook jenis ini. Hal ini secara tidak langsung, pihak apple mengakui keteledoran pada baterai. Herannya kok ini bisa sampai terjadi, apakah pihak QC apple tidak menyadari akan hal itu? Atau jangan jangan pake aji aji keluar produk dulu, efek dipikir kemudian. So, defect keenam : defect baterai.

7. Defect lain lain, seperti keyboard yang tiba tiba mati, trackpad yang tiba tiba gak berfungsi, kabel konektor dari adaptor ke macbook yang jelek kualitasnya (mudah rusak), kerusakan engsel.

Memang betul, kalau rusak langsung bisa diperbaiki atau diganti sparpartnya yang rusak itu dan gratis selama masa garansi, tapi kalau habis masa garansi, hmm saya tidak bisa membayangkan biaya ganti sparepartnya. Harganya sungguh tidak logis. Misalnya, batere macbook, power adapter yang keduanya mencapai harga satu juta. Keyboard MBP harganya 700 ribu, slot drive yang harganya juga 1 juta. Logic drive, harganya 7 juta. Sangat tidak logis kan? ditambah lagi, asesori untuk mac terhitung lebih mahal 150 - 200% nya dari yang lain.

Patut dimaklumi yang namanya barang elektronik, pasti ada aja yang cacat, tapi wajarnya nggak sebanyak itu. Kasihan konsumen apple, udah rela beli barang super mahal tapi gak mendapat kualitas bagus.

Apple Protection Plan? Perlu bayar seperempat harga macbook itu sendiri.

Pemakai produk apple makin banyak dan mestinya perusahaan steve ini harus berpikir bagaimana agar mac lover tetap sayang sama produknya, tapi justru dengan banyaknya peminat apple, kenapa makin banyak pula kejadian defect seperti ini. Ternyata apple sekarang tidak lagi mengunggulkan kualitas produk ya?

Perkembangan yang menghebohkan adalah ketika transisi dari Mac OS 9 ke Mac OS X. Pada saat itu, terjadi kenaikan yang drastis jumlah konsumen apple dan sekarang, mac lover semakin membengkak jumlahnya. Tapi tanpa dukungan yang baik pada produk apple, pastinya akan berdampak buruk pada perdagangan apple itu sendiri. Nah kalau melihat keadaan seperti ini, dan seandainya pihak apple tidak memperbaiki kualitas produknya, maka coba dipikir sendiri, kira kira apa yang bakal terjadi.